021-4786-5621 wawai.organizer@gmail.com

Jasa Event Organizer

Wawai Organizer News Jasa Event Organizer
Jasa Event Organizer

News

Jasa Event Organizer

Posted By admin

Kalau kita perhatikan dengan cermat dunia Event Organizer, tentu kita akan melihat bahwa saat ini di Indonesia jasa Event Organizer sudah berkembang dengan sangat pesat, apalagi di Jakarta, Surabaya, Bandung, dan kota-kota besar lainnya. Tentunya hal ini disebabkan oleh tingginya permintaan akan kebutuhan jasa Event Organizer yang juga disebut dengan Penyelenggara Acara dan juga bisnis ini sudah menjadi pilihan yang menjanjikan untuk meraih kesuksesan besar atau bahkan meraup keuntungan besar dengan cepat. Tentu saja pekerjaan Event Organizer ini tidak semudah membalik telapak tangan bahkan lebih tepatnya ribet dan pritil, bayangkan saja posisi pelaku Event Organizer ini berada ditengah-tengah antara Produsen dan Konsumen yang masing-masing memiliki kepentingan yang berbeda. Namun demikian, menurut saya kehadiran jasa Event Organizer ini tentunya sangat membantu pihak-pihak yang berminat menyelenggarakan kegiatan promosinya seperti brand activation, lauching product, company gathering, anniversary, exhibitions, seminar dan lain sebagainya mulai dari persiapan hingga pelaporan/evaluasi kegiatan yang diselenggarakan.

Event Organizer yang dibidik

Dari begitu banyaknya jasa Event Organizer yang ada, kali ini saya ingin sekali membidik jasa Event Organizer jenis MICE ( Meeting, Incentive, Convention, Exhibition ) yang belakangan sering disebut dengan The Meetings Industry. Event Organizer jenis MICE ini adalah sebuah layanan jasa penyelenggara acara yang cukup unik karena menurut saya masing-masing personal dalam Event Organizer yang menggeluti bidang ini haruslah memiliki keahlian dan keterampilan khusus sebab biasanya mereka langsung berhubungan dengan para praktisi, akademisi dan high level lainnya disebuah perusahaan. Kemudian, yang sering menggunakan jasa penyelenggara acara seperti ini kebanyakan adalah perusahaan-perusahaan besar yang memiliki akses dan cakupan area yang sangat luas dan mereka menginginkan edukasi kepada Masyarakat luas agar lebih mengenal dan mengetahui Produk mereka secara dekat dan akrab. Event ini tidak dilaksanakan dalam tempo satu atau dua hari saja, biasanya paling sedikit satu minggu agar Masyakarat dapat lebih leluasa menikmati acara tersebut dan bisa menyesuaikan dengan ketersediaan waktunya.

Keahlian dan keterampilan

Untuk menjadi terampil dibidang Event organizer jenis MICE ini ada beberap kemampuan dasar yang harus dimiliki pelakunya supaya sukses menjadi penyelenggara acara dan memuaskan klien sebagai titik akhir dari pekerjaan ini agar dapat terjadinya “repeat order”.

berkenaan dengan fungsi Event Organizer dalam mekanisme sebuah penyelenggaraan acara yang mengkordinir pelaksanaan dari A-Z mulai dari melayani dan mendukung kepentingan Trainer, Trainee, Vendor Training, transportasi hingga publikasi ke media massa. Semuanya dilakukan dengan tingkat kesempurnaan yang tinggi misalnya tidak diperkenankan adanya debu atau tetesan noda diatas meja, membuat petunjuk-petunjuk arah, memastikan tidak adanya kamar yang tertukar antara peserta satu dengan yang lainnya, semua peralatan diletakkan pada sebuah tempat sesuai dengan fungsi masing-masing dan lain sebagainya.

Begitu tingginya tuntutan kesempurnaan dalam penyelenggaraan Event Organizer jenis MICE ini maka tentunya sangat dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang cakap dalam melaksanakan dan mengawasi Event ini. Nach, kemampuan dasar apa sajakah yang dibutuhkan dalam bidang ini? Berikut penjelasan singkat dari saya.

1. Bidang Analis

Tugas dasar seorang Analis adalah Mampu mengidentifikasi persoalan memilah dan milah fakta/informasi kemudian mengkaji hingga merumuskan dan mencari alternatif-alternatif solusi. Dalam mengerjakan pekerjaannya, seorang analis akan bersinergi dengan bagian Desain, Segmentasi peserta, pemilihan pengajar/trainer dan memberikan rekomendasi.

2. Bidang Sistematisasi

 Personel yang ditugaskan dalam bidang ini adalah orang-orang yang cakap dalam menyusun alur dan jadwal (rundown acara) serta serangkaian aktivitas yang dilakukan secara bersamaan dalam pelaksanaan sebuah event MICE. Untuk melaksanakan tugasnya Personel haruslah dapat dengan mudah bersinergi dengan cara-cara mendesain sebuah event MICE, merencanakan jadwal pertemuan, menghitung mundur semua aktivitas untuk terselenggaranya training, serta mampu menyampaikan sebuah ide baru yang berhubungan dengan penyelenggaraan acara dalam kondisi On-stage

3. Sikap Customer Oriented

Personel yang menangani bidang ini dituntut untuk dalat melaksanakan tugasnya berdasarkan tingkat sensitif terhadap situasi-situasi yang menuntut gerak cepat karena ada kebutuhan customer untuk segera dilayani dengan tetap bersikap ramah. Selama menangani penyelenggaraan acara personil juga dituntut untuk dapat bersinergi dengan berbagai komplain, misalnhya AC kurang dingin diruang pertemuan , minuman habis, situasi belajar membosankan, meja berantakan, spidol habis, speaker berdesis, mic mati, kertas flipcard habis dan lain sebagainya.

4. Sikap yang Dinamis

Seorang Personel haruslah memiliki citra dalam penampilannya, cara bertindak dan cara bicara yang bersemangat, cekatan, ekspresif dan memiliki selera humor yang dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi tentunya Personil dapat Menjadi MC, ice breaker, energizer, pemimpin game, leadership situasional dan lain sebagainya

5. Up-date Knowledge/informasi

Tuntutan untuk tahu dan memahami background Trainee dan perusahaannya, menghendaki Personil untuk selalu harus meng-up date pengetahuan dan informasi yang menunjang kesuksesan tugas, melalui berbagai referensi (buku, brosur, internet, diskusi) ini dapat disinergikan dengan bagian Desain, Report dan Rekomendasi sesuai yang dibutuhkan. Artinya, tidak boleh speakless dan stuck dalam menghadapi berbagai kendala selama acara berlangsung

6. Kemampuan Administratif

Tugas Ini sangatlah penting dan menjadi bagian utama dalam setiap kegiatan. Dapat dikatakan hampir semua aspek pekerjaan Penyelenggara Acara selalu terkait dengan kemampuan Administrasi. Personel dengan cekatan dapat langsung bersinergi dengan pembuatan surat-menyurat, pendataan peserta, record training, perbanyakan materi, sertifikat, ijin kegiatan, peminjaman ruang dan hal-hal detail lainnya yang menjadi pusat tumpuan kesuksesan acara ini.

7. Sikap Komunikatif

Hal utama yang harus dimiliki adalah keterampilan public speaking, interpersonal communication yang supel, menyediakan waktu ‘chit-chat’ dengan semua komponen acara, mampu menuangkan ide pikiran dengan bahasa yang mudah dipahami peserta dan panitia sehinga dengan leluasa dapat bersinergi untuk menjadi MC, memimpin dan melakukan meeting dan meraba persoalan yang dihadapi oleh para Trainee yang bertugas maupun yang tengah ‘break’

Memang sangat sedikit Event Organizer  yang bergerak dibidang ini dan dapat dipastikan jumlahnya sangat terbatas disebabkan karena tuntutan keterampilan dasar yang sedemikian komplek hingga pelaku Event Organizer jenis MICE yang sekarang sering disebut dengan “The Meetings Industry Event Organizer” ini biasanya memiliki team sendiri dan tidak membutuhkan personil yang banyak sebagaimana Event Organizer jenis lainnya. Mereka hanya tinggal memilih lokasi/tempat yang sesuai dengan permintaan Klien dan kemudian melakukan permintaan kepada pihak hotel, gedung dan tempat-tempat lainnya yang menjadi pilihan dimana acara diselenggarakan. Namun demikian, keterampilan yang saya sebutkan diatas adalah mutlak melekat pada pribadi Personil yang mengelola acara jenis ini.

Written by admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Penawaran Menarik

Hubungi Kami